Penjurusan IPA - IPS

0 komentar
Seputar Smanda Cirebon

Kenaikan kelas sudah tinggal menghitung bulan,kelas X akan naik ke kelas XI,kelas XI akan naik ke kelas XII dan kelas XII akan lulus dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu Perguruan tinggi. Amiin.
Yang akan kita bahas disini adalah bagaimana sistematika penjurusan IPA-IPS untuk siswa-siswi SMANDA.Kita mendapatkan informasi tersebut dari salah satu guru Bimbingan Konseling (BK) SMA Negeri 2 Cirebon, Ibu Anis yang mengatakan bahwa penjurusan IPA-IPS itu bisa terlihat dari aspek pada diri siswa-siswi itu sendiri, “Penjurusan IPA-IPS dilihat dari 3 aspek sebagaimana yang pernah digunakan sebelumnya", ungkapnya.
Tiga aspek yang dijelaskan oleh beliau yang lebih banyak memiliki peranan penting seputar pendidikan masa depan ini, yaitu:
1.Melihat prestasi akademik
2.Hasil psikotes
3.Minat siswa
Pertama adalah prestasi akademik, tak hanya dilihat dari prestasi di luar sekolah namun keseharian pribadi masing-masing di sekolah pun dapat menentukan bagaimana kita ke depannya. Kemudian hasil psikotes yang telah dibagikan kepada tiap-tiap siswa juga dapat di jadikan tolak ukur kita memilih penjurusan dan yang terakhir adalah minat siswa, ini adalah satu bahan pertimbangan yang menjadi titik berat karena,dengan minat dari diri masing-masing maka mempermudah untuk belajar dengan baik tanpa adanya unsur paksaan ataupun ketergantungan  terhadap orang lain. Minat siswa ini dapat diketahui dari angket yang disebar nanti kepada setiap siswa agar adanya pendekatan tiap individu.
                          
  Lalu apa kata mereka mengenai penjurusan IPA-IPS ???
Azrina.S & Tami (XII IPS 2)       : ”IPS itu asik banget ko,masalah orang menilai IPS itu terserah aja. 
                                                      Toh tergantung pribadi masing-masing.”

Canina Yustisia (XI IPA 5)           : ”IPA itu bikin seru,nah untuk kelas X siap-siap aja mau milih jurusan 
                                                      kemana. Karena kalau sudah kelas XI atau XII kita sudah fokus ke 
                                                      pelajaran yang kita pilih, IPA atau IPS.”
Aji Subangkit (XI IPS 1)             : ”Enak tau IPS tuh,apalagi IPS adalah jurusan yang sudah memang saya 
                                                     pilih jadi seneng belajarnya.Terutama geografi,itu adalah pelajaran favorit 
                                                     saya.”
M.Jabaris Maulana (X6)             :”Maunya mah masuk IPA soalnya seneng banget belajar IPA apalagi 
                                                    kimia yang ngebahas tentang senyawa gitu asik banget.”
Vivian (X3)                                : “Sebenarnya masih mikir-mikir soalnya suka keduanya IPA maupun IPS, 
                                                     tapi maunya masuk IPS soalnya menurut guru BK dan hasil psikotes 
                                                     kemarin. Ditambah lagi cita-cita saya yang mau ngelanjutin perguruan 
                                                     tinggi di HI. (Za's/Tiwi)


If you like this post, please share it!
Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

No Response to "Penjurusan IPA - IPS"

Posting Komentar